Wednesday, October 21, 2015

Kepuasan Konsumen

1. Q : Apakah anda pengguna smartphone?
A : Ya
Q : Apakah smartphone  anda *** atau ***?
A : ***
Q : Mengapa anda lebih memilih Smartphone tersebut?
A : Karena *** adalah smartphone tercanggih daripada yang lainnya.
Q : Menurut Anda, apa kelebihan smarthphone anda dari smartphone lainnya?
A : Kelebihannya jika *** hilang, hp tersebut bisa terkunci dan secara tidak lagsung tidak dapat dibuka sembarangan lagi karena username yang dimiliki di hp kita sudah terdaftar di US.
(Nissa Titaley)


2. Q : Apakah anda pengguna smartphone?
A : Ya
Q : Apakah smartphone anda *** atau ***?
A : ***
Q : Mengapa anda lebih memilih Smartphone tersebut?
A : Karena mendukung apa yang saya butuhkan seperti kamera dan aplikasi-aplikasi yang terdapat di ***.
Q : Menurut Anda, apa kelebihan smarthphone anda dari smartphone lainnya?
A : Kelebihannya modelnya cukup simple tidak terlalu besar tidak terlalu kecil dan tampilan pengoprasiannya mudah.
(Rendi Leonardo)


3. Q : Apakah anda pengguna smartphone?
A : Ya
Q : Apakah smartphone anda *** atau ***?
A : ***
Q : Mengapa anda lebih memilih Smartphone tersebut?
A : Awet gak gampang rusak.
Q : Menurut Anda, apa kelebihan smarthphone anda dari smartphone lainnya?
A : Awet gak gampang rusak. Lumayan gampang nyari aksesorisnya.
(Kanigita Syahputri)


4. Q : Apakah anda pengguna smartphone?
A : Ya
Q : Apakah smartphone anda *** atau ***?
A : ***
Q : Mengapa anda lebih memilih Smartphone tersebut?
A : Karena, merk hp yang saya gunakan merupakan brand yang terkenal mewah dan
      bergengsi, desainnya pun bagus dan elegan.
Q : Menurut Anda, apa kelebihan smarthphone anda dari smartphone lainnya?
A : Kelebihannya Cuma di desain yang terkenal elegan, namun kualitas dan harganya kadang gak sesuai. Kualitas yang biasa saja tapi harganya selangit. Beda dengan merk lain seperti *** dengan kualitas yang lebih bagus tapi harganya lebih murah dibanding ***.
(Rizka Amalia)


5. Q : Apakah anda pengguna smartphone?
A : Ya
Q : Apakah smartphone anda *** atau ***?
A : ***
Q : Mengapa anda lebih memilih Smartphone tersebut?
A : Karena, pengoprasiannya cukup mudah tidak seperti smartphone lainnya.
Q : Menurut Anda, apa kelebihan smarthphone anda dari smartphone lainnya?
A : *** merk smartphone yang sudah terkenal tidak sulit untuk mendapatkannya,   middle budget  tidak terlalu mahal namun kualitasnya juga tidak murahan.
(Arfadilla Kichita Fedini)


6. Q : Apakah anda pengguna smartphone?
A : Ya
Q : Apakah smartphone anda *** atau ***?
A : ***
Q : Mengapa anda lebih memilih Smartphone tersebut?
A : Harganya terjangkau.
Q : Menurut Anda, apa kelebihan smarthphone anda dari smartphone lainnya?
A : Sudah terkenal dimana-mana.
(Denny Alfiandi)


7. Q : Apakah anda pengguna smartphone?
A : Ya
Q : Apakah smartphone anda *** atau ***?
A : ***
Q : Mengapa anda lebih memilih Smartphone tersebut?
A : Karena, ya *** termasuk merk smartphone yang bagus.
Q : Menurut Anda, apa kelebihan smarthphone anda dari smartphone lainnya?
A : Kelebihannya sepertinya sama saja dengan smartphone yang lainnya.
(Dian Maryastuti)


8. Q : Apakah anda pengguna smartphone?
A : Ya
Q : Apakah smartphone anda *** atau ***?
A : ***
Q : Mengapa anda lebih memilih Smartphone tersebut?
A : Dibelikannya ini sama ibu.
Q : Menurut Anda, apa kelebihan smarthphone anda dari smartphone lainnya?
A : Galeri *** sudah tersebar dimana-mana jadi gak sulit kalau ada problem dan mempunyai capability yang baik untuk menunjang kehidupan sehari-hari. 
(Agis Hadianto)


9. Q : Apakah anda pengguna smartphone?
A : Ya
Q : Apakah smartphone anda *** atau ***?
A : ***
Q : Mengapa anda lebih memilih Smartphone tersebut?
A : Karena modelnya simpel dan elegan
Q : Soalnya ada itunesnya
(Ilham Robbani) 



Kesimpulan:
Kesimpulannya adalah dalam memilih smartphone konsumen memiliki kebutuhan dan selera masing masing. Yang memilih smartphone *** mereka lebih mengunggulkan gengsi dan model yang elegan, karena *** merupakan smartphone yang harganya memang lebih mahal dibanding smartphone lainnya. Terlebih lagi *** memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki smartphone yang lain seperti untuk mendeteksi jika smartphone tersebut hilang. Sedangkan konsumen smartphone ***, mereka menyesuaikan kebutuhan mereka dan smartphone ini berkualitas dan awet dengan harga yang tidak terlalu mahal. 

Perilaku Konsumen


Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Konsumen dapat merupakan seorang individu ataupun organisasi.

Perilaku Konsumen Rasional
Suatu konsumsi dapat dikatakan rasional jika memerhatikan hal-hal berikut:
·         barang tersebut dapat memberikan kegunaan optimal bagi konsumen;
·         barang tersebut benar-benar diperlukan konsumen;
·         mutu barang terjamin;
·         harga sesuai dengan kemampuan konsumen.

Perilaku Konsumen Irasional
Suatu perilaku dalam mengonsumsi dapat dikatakan tidak rasional jika konsumen tersebut membeli barang tanpa dipikirkan kegunaannya terlebih dahulu. Contohnya, yaitu:
·         tertarik dengan promosi atau iklan baik di media cetak maupun elektronik;
·         memiliki merek yang sudah dikenal banyak konsumen;
·         ada bursa obral atau bonus-bonus dan banjir diskon;
·         prestise atau gengsi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ada dua yaitu faktor eksternal dan faktor internal:

A. Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, strategi marketing, dan kelompok referensi. Kelompok referensi sendiri merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan perilaku konsumen. Kelompok referensi mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku.

B. Faktor Internal
Faktor-faktor yang termasuk ke dalam faktor internal adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar. Belajar adalah perubahan dalam perilaku seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku  manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu atau pengalaman.



Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
https://id.wikipedia.org/wiki/Konsumen
https://avifsi.wordpress.com/2010/05/01/perilaku-konsumen-produsen/