Perilaku
konsumen
adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,
pemilihan, pembelian,penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Konsumen dapat merupakan seorang individu ataupun organisasi.
Perilaku Konsumen Rasional
Suatu
konsumsi dapat dikatakan rasional jika memerhatikan hal-hal berikut:
·
barang tersebut dapat memberikan
kegunaan optimal bagi konsumen;
·
barang tersebut benar-benar diperlukan
konsumen;
·
mutu barang terjamin;
·
harga sesuai dengan kemampuan konsumen.
Perilaku Konsumen Irasional
Suatu
perilaku dalam mengonsumsi dapat dikatakan tidak rasional jika konsumen
tersebut membeli barang tanpa dipikirkan kegunaannya terlebih dahulu.
Contohnya, yaitu:
·
tertarik dengan promosi atau iklan baik
di media cetak maupun elektronik;
·
memiliki merek yang sudah dikenal banyak
konsumen;
·
ada bursa obral atau bonus-bonus dan
banjir diskon;
·
prestise atau gengsi
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ada dua yaitu faktor
eksternal dan faktor internal:
A. Faktor
Eksternal
Faktor
eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial,
kebudayaan, strategi marketing, dan kelompok referensi. Kelompok referensi
sendiri merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak
langsung pada sikap dan perilaku konsumen. Kelompok referensi mempengaruhi
perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen
dalam bertingkah laku.
B. Faktor
Internal
Faktor-faktor
yang termasuk ke dalam faktor internal adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya
hidup, kepribadian dan belajar. Belajar adalah perubahan dalam perilaku
seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu
atau pengalaman.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
https://id.wikipedia.org/wiki/Konsumen
https://avifsi.wordpress.com/2010/05/01/perilaku-konsumen-produsen/
No comments:
Post a Comment